Pages

“Different” akhirnya terbit! Iya.. Terbit!




Setelah menunggu selama dua tahun, akhirnya novel pertamaku yaitu Different akhirnya terbit! Alhamdulillah, segala puji bagi Allah karena semua ini tak akan terlaksana tanpa kehendak-Nya. Kadang, masih suka ga’ percaya kalo novel yang diangkat dari kisah nyataku dan temen-temenku ini akhirnya terbit juga.

Tiap inget novel ini udah terbit jadi keinget pula gimana dulu perjuanganku supaya novel ini bisa terbit. Dimulai dari awal tahun 2013 aku ikut lomba menulis yang diadain ama salah satu penerbit besar tanah air. Aku bener-bener berharap bisa menang, aku bener-bener pengen serius jadi penulis. Dan lomba itu berlangsung tepat waktu aku memutuskan untuk resign dari kerjaanku demi fokus jadi penulis. Aku udah berharap banyak, bahkan ngerelain ngelepas kerjaan yang diidam-idamin ama temen-temenku demi jadi penulis.

Harapanku semakin melambung ketika aku masuk 20 besar. Tapi ternyata, aku hanya sampai di situ saja. Aku gagal masuk 10 besar dan itu berarti novelku ga’ bakal diterbitin. Panitia yang adalah beberapa penulis emang sempet janji kalo kita mau dilatih nulis dan bla bla bla. Tapi ga ada kejelasan lagi, sempet kecewa juga tapi aku putuskan ga’ bakal nyerah. Aku tetap ikhtiar menyelesaikan novel ini bahkan sempet revisi dari awal beberapa kali. Saat itu aku ga’ ada kerjaan karena ngelepas kerjaan lamaku. Beberapa bulan hidup luntang lantung dan menahan malu karena mesti minta uang sama orang tua. Masa-masa paling ngenes tapi paling membahagiakan. Karena aku tahu, tidak semua orang berani mengambil langkah berani seperti aku.

Awal tahun 2014 akhirnya novelku selesai. Setelah itu aku mencoba mengirim naskahku ke beberapa penerbit. Berbulan-bulan aku menunggu dan beberapa penerbit yang aku kirimkan naskahku semuanya menolak. Sempet frustasi dan drop, tapi setelah penolakan kesekian kalinya aku malah jadi terbiasa dengan penolakan itu. Jadinya ketika Tiga Serangkai bilang mau menerima naskahku, aku sempet ga’ percaya bener ga’ naskahku bakalan diterbitin. Akhirnya setelah proses yang lumayan panjang dimana aku harus menambah beberapa cerita lagi dalam novel yang mengharuskanku wawancara sana sini akhirnya novelku selesai!

Saat tulisan ini dibuat katanya novelku lagi didistribusiin ke toko-toko buku. Semoga awal Maret novelku sudah bisa ditemukan di Gramedia. Dan entah mengapa, saat ini doaku yang paling utama pada Allah bukanlah agar novelku best seller, tapi agar novelku bisa bermanfaat bagi mereka yang membacanya. Dan tentunya bisa menjadi amal jariyah buatku kelak. Aamiin ya Allah..

2 komentar:

  1. kak ima , bisa tolong saya gak kak. tolong kaka bikinin sinopsisnya novel kakak. saya dapet tugas dri sekolah buat novel. saya pilih novel kakak soalnya sepertinya keliatan bagus. bisa ngak kak buatin sinopsisnya buat saya. tolong yaa kaka.

    BalasHapus
  2. kalo bisa kirimin ke email saya ya kaka . tolong banget .

    g96_prasetya@yahoo.com
    trimakasih kakak :)

    BalasHapus