Pages

Untuk Troya dan Noura : Kasih Sayang Ibu Mempengaruhi Kecerdasan Anak


Satu hal lagi yang membuat saya semakin kagum terhadap ilmu pengetahuan adalah karena baru – baru ini (mungkin sudah lama, tapi saya baru mengetahuinya sekarang) para ilmuwan yang tergabung dalam tim peneliti University of California berhasil menemukan pengaruh dari cara dan sikap seorang ibu dalam mengasuh anaknya dengan kecerdasan anak tersebut.

Tim peneliti membandingkan 2 otak anak yang masih berumur 3 tahun yang memiliki nasib berbeda. Dari hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa pada otak anak pertama, memiliki volume otak yang lebih besar dan area hitam yang lebih sedikit. Perbedaan volume otak tersebut memiliki satu alasan utama : tergantung cara ibu merawat bayinya. Bayi yang memiliki volume otak lebih besar, besar kemungkinan dirawat oleh seorang ibu yang responsif dan benar – benar telaten dalam mengurus bayinya. Sedangkan bayi yang memiliki volume otak yang lebih kecil ada kemungkinan sering diabaikan oleh ibunya bahkan mungkin pernah mengalami tindak kekerasan.



Hal ini benar – benar membenarkan anggapan saya bahwa seorang anak merupakan “produk” dari orang tua dalam membesarkan anaknya. Seorang anak yang berumur 18 tahun dan memiliki kelakuan yang baik merupakan produk dari orang tua yang mendidik anaknya dengan baik juga. Dan seharusnya ini dapat membuka pikiran kita semua terutama para calon ibu yang akan atau sudah memiliki anak bahwa anak kita nanti tergantung dari cara merawatnya kini.

Saat ini begitu banyak para ibu yang sibuk bekerja di luar dan menyerahkan urusan mengurus anak kepada baby sitter atau bahkan nenek dari anak tersebut. Dan aku berharap aku tidak menjadi salah satu dari mereka. Untuk Troya dan Noura, jika kalian nanti lahir, aku berharap aku bisa mengurus kalian sendiri dengan tanganku dan dengan caraku. Aku harap aku bisa mencurahkan seluruh waktu dan kasih sayang yang aku punya untuk mengurus kalian seperti yang nenek kalian lakukan kepadaku.

Aku ingin menjadi orang pertama yang memeluk kalian saat kalian sakit atau lemah. Aku ingin menjadi yang pertama kalian cari saat butuh sandaran. Aku ingin menjadi orang pertama yang melihat saat kalian tertawa, menangis, merangkak dan berjalan untuk pertama kali. Dan tiap pagi aku harap kalian bisa menemukanku dalam senyuman. Dan mengatakan betapa aku sangat beruntung memiliki kalian dalam hidupku. Semoga kalian cepat hadir dalam hidupku. Dan semoga Allah memperkenankan doaku dengan menghadirkan kalian dalam kehidupanku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar