Pages

Untuk Troya & Noura (Catatan Seorang Calon Ibu)



Apa kebahagiaan terbesar seorang wanita selain dapat melahirkan dan menjadi ibu yang baik bagi anak – anaknya? Hal itulah yang sangat saya sadari, melihat pengorbanan ibu saya untuk diri saya selama ini memotivasi saya untuk menjadi seorang ibu yang baik seperti beliau untuk anak – anak saya kelak. Memang pada dasarnya ayah, ibu dan saya sendiri sangat menyukai anak kecil (bukan, kami bukan pedofil ya). Kami sangat suka menggendong dan bermain dengan anak – anak kecil di sekitar kami, biasanya yang menjadi korban dari keganasan kami adalah anak – anak para tetangga yang mau tidak mau direlakan oleh para orang tuanya untuk diajak bermain oleh orang kacau seperti kami bertiga. Bahkan ayah saya yang pendiam, terlihat kaku dan menyeramkan akan menjadi orang lain yang begitu ceria saat menggendong seorang anak.

Dapat dibayangkan anak dari rahim orang lain saja begitu kami sayang apalagi dari rahim sendiri. Saya selalu berandai – andai saat menggendong anak orang lain. Jika saja yang saya gendong tersebut adalah anak saya sendiri, anak yang saya kandung dan terlahir dari rahim saya sendiri. Andai saja anak ini adalah anak saya sendiri, betapa membahagiakan bila melihatnya bermain – main dengan kakek dan nenek yang menyayanginya. Dan keinginan menjadi ibu begitu besar untuk saya. Namun, karena tidak memungkinkan untuk saya melahirkan anak di usia saya yang sangat muda jadi cukup bagi saya menggendong anak orang lain terlebih dahulu dan tetap membayangkan anak di dalam gendongan saya adalah anak saya sendiri.

anak tetangga yg sering jadi korban.. kasian...

Karena keinginan yang begitu besar untuk dapat menjadi seorang ibu, saya sampai memikirkan nama apa yang cocok untuk nama anak saya kelak. Tentu nama yang bagus dan memiliki arti. Shakespeare pernah berkata “Apalah arti sebuah nama” namun bagi saya dalam setiap nama ada doa dan harapan orang tua kepada si anak kelak. Jadi memilih nama merupakan hal yang krusial untuk saya. Setelah mencari berbulan – bulan dan sampai saat ini terus mencari nama yang pas akhirnya saya mantap dengan sebuah nama. Jika anak saya laki – lakai akan saya beri nama TROYA dan jika perempuan akan saya beri nama NOURA.

Saya sangat senang membaca cerita dari Yunani Kuno hal itulah yang mendasari saya untuk menamai anak saya TROYA. Menurut epik Illiad karya Homer TROYA adalah sebuah kota yang besar, makmur dan indah dan mempunyai para ksatria yang gagah berani. Dan itulah harapan saya terhadap anak lelaki saya kelak. Saya sangat berharap anak ini akan tumbuh menjadi seorang lelaki yang gagah, berani dan juga bijaksana. Ok, sebenarnya itu alasan kedua. Jadi mengapa saya mengambil nama TROYA karena bagi saya nama itu terdengar gagah dan juga enak di dengar dan berbeda aja gitu. That’s it! Pokoknya bagus aja.. dan sampai saat ini saya masih bingung menentukan nama panjang dari Si TROYA.

Saya juga ingin nama anak ini terdiri dari 3 kata seperti ibunya. Setelah berpikir panjang saya ingin ada unsur islami di nama anak saya. Dan setelah berpikir dan mencocokkan berbagai nama saya putuskan untuk memakai nama belakang KAUTSAR. Yang artinya surga. Dan juga nama ini begitu familiar untuk umat muslim karena diambil dari salah satu surat, Al – Kautsar. Jadi sepertinya saya tak perlu menjelaskan dengan detil mengapa saya memilih nama ini. Sehingga nama anak saya sekarang TROYA KAUTSAR. Dan itu sungguh sangat filosofis, sangat bermakna dan sangat tidak enak di dengar. Sepertinya saya harus menyelipkan sebuah nama di tengah – tengah nama tersebut namun sampai saat ini saya bingung untuk memilih nama apa yang cocok.

Ok, sambil bingung berpikir nama apa yang cocok untuk anak lelaki saya, saya juga sudah memutuskan nama apa yang sesuai untuk anak perempuan saya. Untuk anak perempuan saya, saya sudah mantap dan memutuskan untuk memilih nama NOURA. Dari buku nama – nama bayi yang saya baca NOURA berasal dari bahasa Arab yang berarti cahaya. Terus nama belakangnya saya juga ambil dari Al – Quran yaitu SALSABILA yang artinya mata air di surga. Nama SALSABILA ini nemu langsung pas lagi baca Al – Quran. Jadi nama anak perempuan saya kelak NOURA SALSABILA. Yang artinya cahaya dan mata air di surga. Semoga anak perempuan saya ini bisa menjadi wanita yang sholeh, dapat memberi ketenangan dan kesejukan bagi yang melihatnya. Dan tentu saja semoga anak saya kelak bisa masuk surga, amiinn..

Buat anak – anak saya kelak yang sampai saat saya menulis ini pun tidak pernah bisa saya bayangkan wajahnya, saya berharap jika nanti kalian membaca ini, aku harap kalian tahu bahwa untuk menentukan nama kalian saja, aku sampai harus berpikir selama berbulan – bulan bahkan sebelum aku menemukan pasangan hidup yang kelak menjadi ayah kalian. Dan nama yang aku pilihkan semuanya memiliki arti dan sebagian aku ambil dari Al – Quran. Mengapa? Bukan untuk sekedar gaya – gayaan lho, tapi aku berharap kelak kalian akan meneruskan kebiasaanku, kakek dan nenek untuk selalu membaca Al – Quran setiap harinya. Selalu mencari jawaban persoalan hidup kalian dari Al – Quran. Di setiap doa aku bahkan sebelum kalian menjadi benih, aku selalu berdoa agar kalian selalu menegakkan sholat dan menunaikan zakat serta beriman kepada Allah.

Hai anakku, saat kalian sudah bersekolah nanti dan jika guru – guru atau teman – teman kalian bertanya arti nama kalian, kalian dapat menjelaskannya dengan penuh kebanggaan karena nama yang aku berikan sudah ku pikirkan masak – masak bahkan sebelum kalian tumbuh di rahimku. Jagalah harapanku ya nak... Doa ku ada dalam setiap panggilan nama kalian. Semoga Allah menyertai setiap langkah kalian. Salam sayang dari ibu kalian (^o^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar