Pages

Aturan Untuk Sukses : Harus Siap Menerima Kritik






-Kritikan & hinaan itu seperti obat. Terkadang memang pahit untuk ditelan namun punya efek yang luar biasa agar kita menjadi lebih kuat-
Ima lestari


Yah saya akhirnya belajar ketika kamu berusaha meraih sesuatu sekecil apa pun akan ada kerikil – kerikil di tengah jalan. Dan salah satunya adalah kritikan dan hinaan. Namanya juga manusia selalu punya pemikiran yang berbeda. Saat kamu menganggap apa yang kamu lakukan sudah benar akan ada orang lain yang menganggap itu salah dan mulai menghina dirimu. Tapi setelah dipikir – pikir hal tersebut bagus kok! Ketika apa yang kamu lakukan mendapat kritikan saat itulah usahamu mendapat apresiasi sesungguhnya. Dan seharusnya kita harus mengucapkan terima kasih kepada si pengkritik ataupun si penghina karena sudah mau meluangkan waktunya untuk memperhatikan usaha kita.

Saat saya dikritik saya merasa cukup sakit hati sebenarnya. Namun hati saya berkata : untuk urusan sekecil ini saja kita sudah mendapat kritikan bagaiman bila urusannya sangat besar? Bagaimana bila kita berada di puncak nanti? Akan ada banyak orang yang menghina atau mengkritik kita. Dan seorang yang sukses pastilah sudah melalui proses yang panjang dan sudah menelan ribuan penghinaan dan kritikan pedas. Justru karena mereka mau menerima kritikan dan hinaan tersebut dengan lapang dada mereka dapat menjadi orang yang sukses. Kita mendapat hinaan dan kritikan karena kita melakukan sebuah usaha dan buat saya hinaan karena kita sudah melakukan sesuatu lebih baik daripada kita tidak mendapat kritik sama sekali karena kita tidak pernah bertindak.

Saat saya dikritik saya akhirnya menyadari bagaimana rasanya dikritik dan hal itu membuat saya semakin berhati – hati untuk mengkritik. Walaupun apa yang dikatakan terkadang benar, namun dikritik ataupun dihina apa lagi dengan kta – kata yang kasar tentu tidak mengenakkan dan harus diakui secuek apa pun kita kritikan tersebut pasti membekas di hati kita. Oleh karenanya jangan sampai kita juga mengkritik orang lain karena usaha yang mereka lakukan. Mereka jauh lebih baik dari kita karena mereka sudah berani bertindak dan kita hanya bisa mengkritik saja tanpa melakukan apa – apa. Jadi lakukan setiap usahamu dengan sebaiknya – baiknya. Biarkan mereka yang mengkritik dan menghina karena orang – orang inilah yang sebenarnya menjadi cambuk untuk kita agar menjadi lebih baik lagi nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar