Pages

Untuk Troya dan Noura : Betapa Tidak Bersyukurnya Kita





-Orang yang bersyukur itu kaya-

Saya sangat suka mengeluh, sedikit saja ada masalah yang datang maka secara otomatis mulut saya akan mengeluarkan kata – kata keluhan. Setiap saya mengeluh saya semakin menyadari betapa kacaunya hidup saya, betapa tidak menyenangkannya hidup saya dan akhirnya dari kata – kata tersebut membuat saya merasa bersedih dan menyalah – nyalahkan diri saya hingga orang lain.

Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami hal yang sama dengan saya. Bahkan setiap hari kita cenderung untuk terus mengeluh bahkan keluhan menjadi hal wajib yang harus kita lakukan sehingga menjadi ritual harian kita. Coba tengok di jejaring sosial semacam facebook atau twitter, tiap menit bahkan detik selalu saja ada seseorang yang mengeluhkan cuaca sampai masalah percintaan mereka. Dari sekedar kalimat pendek “Duh panas deh”, sampai mengeluarkan kalimat – kalimat galau berkepanjangan karena putus cinta.

20 tahun saya hidup mungkin pengalaman yang saya dapatkan belum begitu banyak, namun saya belajar bahwa setiap perkataan kita dapat mempengaruhi hidup kita. Seperti yang saya katakan di atas semakin kita mengeluh maka akan semakin tidak bahagialah hidup kita karena kita hanya melihat sisi tidak baiknya hidup kita saja. Namun ketika kita terus menyebutkan apa yang kita miliki apa yang kita bisa lakukan, niscaya otak kita pun akan berpikir bahwa ternyata kita punya banyak hal yang patut kita syukuri. Akibatnya pun hati kita akan menjadi tenang



Semakin kita pikirkan apa yang kita punya saat ini wajib untuk kita syukuri. Kita bisa makan, kita bisa bertemu orang tua kita setiap hari, kita bisa belajar bahkan mungkin ketika kita adalah orang miskin katakanlah dan tidak mempunyai harta apa pun kita masih bisa bersyukur karena masih dberikan nafas dan kesempatan untuk hidup. Apa yang lebih menyenangkan ketimbang kehidupan itu sendiri? Ketika kita dapat meilhat bintang bersinar di langit malam, ketika kita bisa merasakan angin yang menerpa tubuh kita, kita patut untuk bersyukur karena masih bisa merasakan dan menikmati itu semua.

Untuk Troya & Noura, sesulit apa pun kehidupan kalian kelak nikmatilah itu semua. Nikmati setiap detik hidup kalian senang atau pun susah. Dengan bersyukur kalian akan menemukan kebahagiaan dalam hidup kalian. Karena ketika kalian bersyukur hati kalian akan menyadari betapa hidup kalian begitu berharga dan kalian akan menghargainya. Kalian akan sadar bahwa sesungguhnya Allah sangat menyayangi kalian begitu kalian bersyukur jadi lihatlah semua yang terjadi dalam hidup kalian sebagai sebuah anugrah dari Yang Maha Kuasa bukan sebagai beban hidup kalian.

Sebutlah semua yang kalian punya dan kalian akan sadar betapa beruntungnya kalian. Betapa kayanya hidup kalian dan berbahagialah dalam kebersyukuran itu, karena kebahagiaan selalu bersama orang – orang yang bersyukur. Selama kalian bersyukur kalian tidak perlu khwatir, karena semua masalah yang datang akan terasa ringan dan mampu untuk kalian hadapi. Selalu bandingkan diri kalian dengan orang yang jauh lebih menderita dibandingkan kalian. Karena itu akan membuat kalian jauh lebih bersyukur dan mau berbagi dengan sesama. Janganlah kalian selalu membanding – bandingkan harta kalian dengan orang lain, karena percayalah ketidak puasan akan harta adalah sumber dari semua penderitaan.

Isilah hidup kita dengan bersyukur niscaya kita akan menemukan kekayaan terdalam kita dan membuat hidup kita jauh lebih bahagia dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar