Pages

Untuk Troya & Noura : Hidup Bukan Cuma Tentang Diri Sendiri




"Berusahalah dengan keras bukan untuk menjadi sukses, tapi untuk menjadi lebih berharga."
-Einstein-

Kemarin sempet liat Hitam Putih dimana salah satu tamu yang diundang adalah Andi Suhandi seorang anak jalanan yang sekarang menjadi orang besar. Bukan karena dia punya banyak perusahaan yang menghasilkan banyak duit. Bukan, kenyataannya jauh sekali dari itu. Pengalamannya selama mengalami kerasnya hidup di jalanan memberinya inspirasi untuk berbagi sesama anak jalanan. Seseorang yang hanya berprofesi sebagai tukang agar – agar dan pengamen dengan menakjubkan mampu membentuk sebuah sanggar yang didedikasikan untuk anak – anak jalanan. Seorang pengamen yang kita anggap remeh yang selalu kita identikkan dengan kekumuhan dan kebrutalan mampu berbuat sesuatu yang bahkan kita sebagai orang yang bercukupan belum tentu mampu melakukannya.



Untuk anak – anakku kelak, aku selalu berkeyakinan bahwa kesuksesan tidaklah selalu bisa diukur dengan uang. Dan juga dengan jabatan. Punya banyak uang memanglah lebih baik, tapi apa artinya jika uang yang kita hasilkan tak mampu memberikan manfaat dan hanya berakhir menjadi barang – barang yang tak berguna? Kakekmu dulu hanyalah seorang tukang biasa, pengahsilannya sungguhlah minim tapi ia mampu membiayai keluarga bahkan keponakannya yang yatim piatu serta ibunya di kampung. Dan bagi ibu kakekmu adalah orang sukses yang sesungguhnya. Jadi janganlah selalu menilai kesuksesan dari uang yang kita dapat ya nak..

Kembali lagi berbicara tentang Andi Suhandi, karena penasaran dengan kisah hidupnya akhirnya setelah mencari – cari di website ketemu video waktu dia dapet penghargaan dari Kick Andy. Terharu sekali waktu dia pesen bahwa kita harus berani bermimpi diiringi tekad yang kuat. Dulu sewaktu ia jadi pengamen jalanan mungkin dia ga pernah berpikir bahwa suatu hari dia akan menjadi orang besar yang berguna dan memotivasi plus bikin malu orang – orang yang hidupnya lebih beruntung dari dia. Dia sudah membuktikan bahwa sukses bukanlah monopoli orang – orang berduit saja. Bahwa siapa saja, dengan kondisi apa pun dan dari latar belakang apa pun dapat kita raih asal kita berani bermimpi dan mempunyai tekad yang kuat.


Untuk anak – anakku, dalam hidup ini akan ada banyak sekali cobaan dan tekanan. Untuk mengatasi masalah sendiri saja akan begitu berat apa lagi untuk membantu orang lain, tapi 1 hal yang harus dipahami. Ketika kamu membantu orang lain sebenarnya tanpa sadar kamu telah membantu dirimu sendiri untuk memperoleh kebahagiaan. Buatlah dirimu berguna karena sebaik – baik manusia adalah manusia yang berguna bagi orang lain. Jangan jadi egois dan menganggap dunia hanya berputar di sekelilingmu saja. Banyak hal yang dapat dipelajari bila kita mau membuka mata dan meluangkan waktu sejenak untuk berbagi dengan orang lain.

Banyak orang di luar sana berebut kekuasaan dengan alasan busuk supaya dapat membantu orang – orang. Tapi pada kenyataannya justru orang – orang tanpa kekuasaanlah yang lebih banyak berkontribusi untuk oang – orang yang kurang beruntung. Justru mereka yang kita anggap remeh yang telah melakukan banyak hal baik untuk sekitar. Mereka tidak memakai jas ataupun dasi, hanya pakaian sederhana biasa. Kita tidak menemukan mereka di kantor – kantor mewah tapi kita dapat menjumpainya di mana saja bahkan mungkin di jalanan dengan kendaraan butut mereka. Tapi orang – orang itulah yang seharusnya kita acungi jempol untuk apa yang sudah mereka lakukan. Dengan keterbatasannya mereka mampu berbuat tanpa batas untuk membantu dan meraih impian banyak orang.

Jadi untuk anak – anakku kelak, lakukanlah sesuatu untuk orang – orang di sekitarmu. Buatlah dirimu berharga dan berguna. Aku tak meminta kalian untuk menjadi anggota dewan atau seseorang yang memiliki jabatan besar di pemerintahan. Bahkan jika bisa jauhilah pekerjaan itu, jauhilah perebutan kekuasaan. Kekuasaan dan jabatan hanya akan membuat orang lupa dan semakin ketagihan untuk terus berkuasa. Aku hanya ingin kalian menjadi orang sederhana yang dapat berbuat sesuatu untuk kepentingan banyak orang. Orang sederhana yang menemukan kebahagiaan dengan berbagi bersama orang lain. Jadilah orang yang besar!

1 komentar: