Pages

Aku dan Sepak Bola : Putu Gede (JA) VS Mahdi Fahri!





Seperti yang saya bilang di artikel sebelumnya, kalo Senin kemarin saat U-19 lawan Persiba Balikpapan, Om Indra Sjafri menurunkan Mahdi Fahri di posisi bek menggantikan JA (Putu Gede Juni Antara, biar gampang kita panggil dia JA mulai karang). Berhubung kemaren saya liat pas udah mau kick off, jadi saya ga’ dengar komentator bilang apa soal posisi JA yang digantiin ama si Mahdi. Dan ini menimbulkan tanda tanya besar di kepala saya. Ga’ besar-besar banget sih soalnya dari beberapa pertandingan uji coba sebelum-sebelumnya si Mahdi emang keliatan bermain bagus. Tapi ya tetep aja saya ga’ nyangka kalo si JA digantiin ama si Mahdi.

Dari beberapa pertandingan sebelumnya, si Mahdi biasanya dimainkan di babak-babak kedua ngegantiin JA. Dan dari pengamatan saya dan juga komentator di SCTV, si Mahdi ni emang bek yang tidak biasa. Dibanding dengan JA yang lebih demen bertahan (secara dia bek) si Mahdi ini lebih berani maju ke depan buat membantu serangan semacem Faturrahman. Bahkan kadang-kadang si Mahdi ngotot banget bawa bola dan mati-matian supaya dia bisa menembus jantung pertahanan lawan. Komentator SCTV sendiri pernah bilang, kalo dibanding JA, Mahdi ini lebih berani dan itu diperlukan banget untuk membangun serangan yang lebih tajam. Dan ini bener-bener dibuktikan ketika Senin kemaren Mahdi terus-terusan maju buat nyerang pertahanan lawan bahkan ngasih assist buat Muchlis sehingga Muchlis bisa bikin gol. That was amazing! Mengingat Mahdi seorang bek. Hanya saja di beberapa kesempatan, ketika timnas mendapat serangan balik si Mahdi jadi kelabakan sendiri. Bahkan ga’ keliatan kelabakan sih, soalnya waktu dapet serangan balik, yang kocar kacir si Faturrahman, Hansamu ama Sahrul. Si Mahdi masih ketinggalan di belakang karena keasyikan nyerang.

Ini beda banget sama JA, si JA emang ga seberani Mahdi. JA lebih keliatan mikir-mikir buat maju ke depan bawa bola. Ketika JA udah sampe lapangan tengah sambil bawa bola, dia selalu lebih milih ngasih bola itu ke Maldini atau Evan ketimbang maju sendiri. Ga’ seperti Mahdi yang dengan beraninya maju hingga ke jantung pertahanan lawan. Tapi nilai lebihnya JA adalah ketika ada serangan balik dia selalu sigap untuk menjaga pertahanan timnas. Ketika timnas sibuk nyerang, dia memang ikut maju ke depan membantu serangan tapi ketika ada serangan balik, dia langsung lari ke belakang, berusaha mati-matian menjaga pertahanan timnas. Dia akan terus-terusan mengawal pergerakan striker lawan supaya gawang yang dijaga Ravi ga’ kebobolan. Dan yang paling penting, JA ga’ pernah ngelakuin tackle-tackle keras yang bisa bikin lawan dapet kesempatan buat ngelakuin tendangan bebas. Permainannya rapi, tenang dan akurat. Responnya dalam membaca pergerakan lawan bener-bener bagus, ga’ heran setiap dia main (bareng Sahrul, Hansamu ama Faturrahman) gawang timnas jarang kebobolan dari umpan-umpan terobosan apalagi dari serangan balik, gol pun lebih banyak terjadi dari bola-bola mati. Ia tahu kapan harus menyerang kapan harus bertahan. Dia ingat bahwa posisi utamanya dia adalah bek.

Bukan berarti saya ga’ suka Mahdi loh ya... Saya tidak memungkiri kalo Mahdi itu hebat. Dia punya kemampuan yang striker jarang punya. Kemaren aja gara-gara dia timnas bisa bikin satu gol dan kemungkinan menang seandainya permainan ga’ dihentikan gara-gara mati lampu. Tapi coba pikir, kemaren U-19 bener-bener di atas angin. Bukan hanya karena permainan mereka yang bagus tapi juga karena lawan mereka yang mungkin kelasnya tidak sebanding dengan mereka. Beberapa kali Persiba mencoba melakukan serangan balik, tapi selalu gagal karena ada Hansamu ama Sahrul yang jaga. Itu pun Hansamu ampe dapet kartu kuning. Seorang Hansamu yang biasanya bermain tenang bisa dapet kartu kuning itu menandakan pemain lawan emang punya kans yang besar untuk membahayakan gawang timnas. Dan dia harus mencegah itu dengan melakukan tindakan yang agak keras. Ini tumben-tumbennya dilakuin ama Hansamu. Jujur kemaren serangan timnas emang ok, tapi pertahanan mereka carut marut. Ga’ begitu keliatan emang karena mereka cuma maen dua puluh menit. Tapi dari beberapa kali serangan yang dilakuin Persiba bisa keliatan kalo lini belakang timnas ga’ siap dapet serangan. Kayak ada yang kurang gitu...

Nah, itu baru Persiba gimana coba kalo lawannya tim-tim dari luar negeri semisal Korea, Jepang atau Arab Saudi. Serangan-serangan balik kayak gitu bisa jadi berbahaya banget buat timnas. Lini belakang harus kuat, jangan cuma bisa nyerang doang. Seperti yang pernah saya bilang, sepak bola bukan hanya soal nyetak gol tapi juga tentang menjaga gawang sendiri agar tidak kebobolan. Dan itulah gunanya bek. Punya bek yang bisa bantu serangan emang luar biasa hebat apalagi berkontribusi untuk bikin gol. Tapi inget tugas bek itu jaga pertahanan supaya pemaen lawan ga’ membahayakan apalagi sampe bikin gol. Dan untuk kali ini secara jujur saya mengatakan kalo emang timnas pengen lini belakang mereka lebih kuat memainkan Putu Gede JA rasanya jadi keputusan yang lebih bijak. Tapi yah... Memilih seorang pemain itu kan juga ditentukan dari faktor strategi yang dibuat oleh pelatih. Kalo timnas emang pengen gaya permainan mereka full menyerang memainkan Mahdi bisa jadi pilihan terbaik. Sekali lagi saya yakin Om Indra Sjafri pasti tahu yang terbaik untuk timnas! Hidup garuda muda Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar