Pages

Untuk Troya dan Noura : Terus Menerus







Kunci sukses cuma satu; terus menerus!

***

Kemarin baru saja membeli sebuah buku berjudul “When Author Meet Editor”, di dalamnya berisi tips-tips tentang cara menulis dan mengirimkan naskah agar menarik editor. Isinya bagus sekali dan yang paling menarik adalah bagian dimana ada kisah-kisah para penulis terkenal yang ditolak puluhan kali oleh penerbit sebelum akhirnya buku tersebut berhasil untuk diterbitkan. Ada yang ditolak dua belas kali seperti J.K. Rowling, Meg Cabot ditolak tujuh belas kali, bahkan ada yang ditolak sampai 38 kali! Buku Harry Potter pun tidak akan terbit jika anak direktur pemilik perusahaan yang berusia delapan tahun tidak memohon-mohon pada ayahnya agar naskah itu bisa diterbitkan.
Ini membuat saya semakin bersemangat untuk terus mengejar cita-cita. Semua sudah ada jalannya, semua ada prosesnya. Dan harus disadari bahwa jika ingin sukses kita harus siap menerima resiko apa pun termasuk penolakan. Justru penolakan-penolakan tersebut yang membuat kita semakin terpacu untuk terus berkarya. Sekedar ingin menghibur diri sendiri, saya yakin bahwa kesuksesan yang kita raih sebanding dengan usaha yang kita lakukan. Semakin banyak gagal, semakin banyak belajar, semakin besar pula sukses yang akan diraih nanti! Amiin...
Untuk Troya dan Noura, jika nanti kalian sudah besar dan memiliki impian, teruslah berusaha. Jika memang impian kalian tersebut patut untuk diperjuangkan, perjuangkanlah! Jangan mau menyerah dengan keadaan, jangan pernah ada kata-kata ‘tidak bisa atau tidak ada bakat’, kesuksesan bukan soal bakat tapi kerja keras. Ingatlah, selama Allah masih memberi nafas berarti Ia masih memberi kita harapan untuk mewujudkan cita-cita kita! Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar