Pages

Untuk Naufal dan Noura : Yang Penting Lulus Deh!







Manusia dilihat dari apa yang bisa ia perbuat bukan dari apa gelar yang disandangnya

***



Memasuki bulan kedua aku berkuliah. Tak ada perubahan berarti, aku masih segini-gini aja. Nambah ilmu juga kagak. Ada beberapa mata kuliah yang isinya pernah aku dapatkan waktu ngambil D3 dulu. Jadi sama aja kayak ngulang lagi. Dan kuliah sekarang isinya teori semua. Bukannya aku ga’ suka teori. Bagiku teori itu penting, teori itu semacam pedoman buat ngelakuin sesuatu. Hal ideal yang harus dilakukan untuk mencapai hasil maksimal meskipun di lapangan kenyataannya kadang ga’ sesuai ama teori. Tapi teori bagiku tetap adalah sesuatu yang penting. Tapi teori jadi ga’ penting kalo dikasih sama orang yang ga’ berkepentingan buat nerimanya. Aku ini kuliah arsitek, harusnya dikasih teori yang menunjang ilmu arsitekturku. Seharusnya aku dikasih materi yang membuatku makin pintar dan makin paham tentang arsitektur. Seharusnya ilmu yang kudapat bisa berguna buat masa depanku sebagai seorang arsitek. Seharusnya ilmu yang kudapat bisa memudahkanku saat akan bekerja di bidang arsitektur. Seharusnya, seharusnya, seharusnya.... Tapi gimana mau pinter kalo teorinya “Keppres nomor sekian menyatakan bla bla bla bla”, “hasil dari kongres ini pada masa orde baru menyatakan bla bla bla bla”. Aarrgghhh....

Orang bilang kuliah itu gunanya untuk memudahkan kita untuk mendapat pekerjaan. Makanya kita harus kuliah  sampai selesai, minimal S1. Yang penting lulus deh, yang penting dapet gelar deh. Kalo udah dapet gelar ntar pasti gampang dapet kerja! Ibuku bilang, aku harus kuliah sampe lulus supaya dia bangga punya anak yang jadi sarjana. Bapakku bilang aku mesti kuliah sampe lulus supaya ke depannya lebih gampang dapet kesempatan kerja. Tapi kenapa di saat semua orang berkata begitu tidak sedikit pun hati ku merasa tergerak. Aku malah semakin ingin berhenti kuliah. Kalo bapakku tahu aku pengen berhenti kuliah dia bakal ngamuk-ngamuk dan dia bakal bilang gini, “orang kuliahmu lho bukan kamu yang bayarin..”. Emang, emang bukan aku yang bayarin, ampe detik ini kuliahku masih dibayarin ama bapakku. Tapi justru karena aku tahu gimana capeknya bapakku kerja buat bayarin aku kuliah, makanya aku pengen berhenti kuliah. Aku malu kalau lulus nanti aku belum bisa ngapa-ngapain, padahal bapakku selalu bilang kalo mau jadi arsitek itu ga’ bisa cuma belajar di kampus harus turun ke lapangan langsung. Aku ga’ mau bapakku berekspektasi terlalu besar dan ngarepin aku bakal sukses di bidang ini, padahal aku sendiri tahu aku belum bisa ngapa-ngapain. Dan aku tetep ga’ bakal bisa ngapa-ngapain kalo aku kayak gini terus. Terus-terusan duduk dengerin ceramah yang ga’ penting dari dosen. Emang aku yang salah, orang-orang bilang kampusku tempat aku ngelanjutin S1 sekarang emang kurang bagus. Tapi aku terpaksa kuliah di situ demi nyenengin bapakku. Demi dapetin gelar S1 yang dia mau.

Gelar, gelar, gelar. Orang bilang gelar itu penting. Tapi buatku gelar itu ga’ penting-penting banget. Aku kuliah buat dapet ilmu, bukan dapet gelar. Gelar itu cuma sekedar compliment aja, kayak buah ceri di atas kue black forest. Orang beli black forest karena black forestnya bukan karena cerinya. Orang pun harusnya kuliah karena ilmunya bukan karena gelarnya. Apa mau dibanggain kalo gelarmu banyak tapi ga’ bisa ngapa-ngapain? Apa mau dibanggain kalo gelarmu berderet tapi uang pulsa aja masih minta orang tua. Masih ngerengek-rengek minta uang jajan padahal kuliah udah ampe S2. Mamam tuh gelar!

Sekarang aku kerja buat belajar, aku mau belajar yang bener. Belajar yang bener-bener bikin aku tambah pinter. Belajar yang bener-bener penting buat hidupku ke depannya. Sekarang aku mau belajar mempraktekkan teori. Dan belajar teori dari orang-orang yang bener-bener berkompetensi. Bapakku bakalan marah, itu konsekuensi. Tapi harus tetap kujalani. Toh ini semua demi bapak yang kusayangi. Aku ga’ mau dia banting tulang kerja keras demi bayar kuliahku tapi akunya ga’ dapet ilmu yang berguna buat ke depannya. Aku ga’ mau buang-buang waktu lagi. Aku harus belajar sungguh-sungguh. Untungnya aku udah dapet kerjaan lagi. Semoga ini awal yang baik, semoga di tempat ini aku bisa belajar dengan benar. Mendapat ilmu yang bermanfaat dan berguna bagi diriku dan banyak orang. 


Untuk Naufal dan Noura, jika kalian dewasa nanti aku sungguh tidak menuntuk kalian memiliki gelar akademis. Yang aku tuntut adalah kalian harus tekun belajar. Jadikanlah belajar sebagai kebutuhan kalian bukan kewajiban. Kalian harus tahu manfaat ilmu yang kalian pelajari dan harus bisa mengaplikasikannya. Jangan jadi manusia teori tanpa arti. Kalian juga harus bisa menunjukkan bukti. Kalian harus cerdas dan juga bermanfaat. Semoga Allah merahmati hidup kalian kelak dan memudahkan kalian dalam menuntut ilmu. Aamiin...   
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar