Pages

Untuk Naufal dan Noura : Cinta dan Rokok (Rokok Membunuhmu Part II)





Setelah membeli buku Pak Fuad dan membawanya pulang, aku menunjukkannya pada ibuku. Karena ibuku memang suka membaca, ibuku pun ikut-ikutan membacanya. Sebenarnya aneh juga aku membeli buku itu karena di rumahku tak seorang pun yang merokok. Tapi Pak Fuad  bilang bahwa orang yang tak merokok pun seharusnya tahu bagaimana bahaya merokok sehingga mereka bisa terhindar dan bisa memberikan informasi kepada orang-orang tentang bahaya meroko. Ya seperti pencegahan agar yang tak merokok tidak ikut-ikutan merokok. Setelah membaca buku itu ibuku langsung berkata, “Untung ya bapak kita tidak merokok, jadi uangnya bisa buat beli jajan untuk orang serumah!”. Ya benar sekali, karena ayahku tidak merokok, keluargaku jadi bisa menyisihkan duitnya untuk membeli hal-hal yang lebih penting.

Jadi kasian sama istri dan anak-anak yang punya bapak ngerokok. Si bapak selalu bilang kalo dia sayang sama keluarganya, tapi dia tetep tega ngeracunin anak dan istrinya dengan rokok. Apa itu yang disebut cinta? Di buku Pak Fuad ada cerita tentang seorang istri yang kena kanker gara-gara suaminya perokok. Si dokter udah bilang, kalo ngerokok jangan di deket istri bahkan si dokter udah nyaranin supaya dia berhenti ngerokok kalo ga’ keadaan istrinya bakal tambah parah. Tapi ternyata si suami cuek-cuek aja, dia tetep aja ngerokok. Itu baru namanya suami yang minta dipenggal! Terus ada juga kisah keluarga nelayan yang anaknya putus sekolah gara-gara ga’ punya duit. Padahal biaya sekolah anak ini hanya dua ratus ribu per bulan, sedangkan pengeluaran rokok sang ayah tiga ratus ribu per bulannya. Dan si ayah bilang gini, “Lebih baik anak saya berhenti sekolah daripada saya harus berhenti ngerokok!” Itu baru namanya ayah yang minta dibunuh!

Di buku itu juga ada data, anak-anak yang terlahir cacat biasanya memiliki ayah seorang perokok karena zat-zat di dalam rokok dapat membuat mutasi gen! Hii... Jadi jika anda wanita dan memiliki calon suami seorang perokok suruhlah calon suami anda berhenti merokok. Jika tidak mau tinggalkan saja, karena apa yang bisa anda harapkan dari seseorang yang lebih mencintai rokoknya ketimbang anda? Karena pernah ada kisah seorang pedagang sate kenalan Pak Fuad yang meninggal karena terkena kanker paru-paru dan meninggalkan warisan berupa hutang yang sangat besar kepada istri dan anak-anaknya untuk biaya berobatnya. Itulah rokok, nikmat di awal sengsara kemudian. Yang namanya cinta tak pernah menyakiti. Orang yang mencintai akan selalu berusaha berbuat kebaikan untuk orang yang dikasihi, selalu berusaha membahagiakannya, bukan justru mencelakakannya. Jadi jika anda benar-benar cinta kepada kekasih, istri atau anak anda berhentilah merokok mulai sekarang!

Untuk Naufal; ketika kamu dewasa nanti, jangan pernah coba-coba dengan yang namanya rokok. Satu hisapan rokok dapat mematikan seribu sel otak jadi kalau tak mau jadi bodoh jangan merokok. Berhenti merokok juga lebih susah dibanding berhenti dari kecanduan narkoba atau alkohol. Jadi aku mohon jangan pernah tergiur oleh rayuan rokok. Meskipun nanti teman-temanmu memaksamu untuk merokok jangan tergoda. Jika ada yang bilang lelaki yang tak merokok itu tak jantan jangan percaya! Hanya lelaki bodoh, tolol dan tak sayang anak istri yang merokok! Justru lelaki jadi kumal dan bau gara-gara asap rokok, jadi jangan dekati yang namanya rokok!

Untuk Noura, tolong cari pasangan yang tak merokok. Aku tak mau kau jadi hidup susah gara-gara punya pasangan yang merokok. Aku tak mau kau jadi sakit-sakitan gara-gara punya suami seorang perokok. Pintarlah dalam memilih pasangan, dan pasangan yang pintar salah satunya adalah yang tak merokok!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar