Pages

Aku dan Sepak Bola : U-19 Bukan Soal Evan Dimas Seorang!





“Saya tak pernah menganggap enteng siapa pun lawan saya, tapi saya juga tak pernah takut siapa pun lawan yang akan saya hadapi. Karena yang saya tahu kalau kita ini sama-sama minum air” (Muhammad Fathurrahman)

***

Indonesia sekarang memiliki publik figure baru. Mereka semua jadi kesayangan seluruh masyarakat. Saking cintanya orang-orang ke mereka, kalo salah satu aja dari mereka nyalonin jadi presiden kayaknya bakal menang tanpa perlu kampanye berlebihan. Mereka tak lain tak bukan adalah anak-anak timnas U-19! Yep, semenjak mereka memenangkan kejuaraan AFF tahun 2013 kemaren, mereka mendadak terkenal. Tapi ya wajar sih, secara 22 tahun Indonesia minim gelar di kejuaraan sepak bola internasional. Jadi bahasa klisenya, mereka ini membawa angin segar ke kancah persepakbolaan di Indonesia. Azeegg..

Nah, berhubung saya adalah WACILA (WAnita peCInta sepak boLa) maka saya akan membahas mereka satu per satu. Ga’ semua sih, saya akan membahas mereka yang menurut saya menarik. Meskipun mereka semua pantas untuk diacungi jempol. Dan tenang saja, meskipun saya adalah perempuan, saya tidak akan membahas mengenai betapa gantengnya mereka atau betapa manisnya senyum mereka seperti perempuan-perempuan lain! Perlu diketahui, sejak kecil saya sudah diajari menonton berbagai tayangan olah raga mulai sepak bola, bulu tangkis, voli juga tinju. Jadi insya Allah komentar yang saya berikan relevan dengan topik bahasan. Meskipun yah namanya manusia, setomboy-tomboynya saya, saya tetep perempuan jadi kalo ntar bahasan saya agak menyerempet tentang fisik mohon dimaklumi, hehe

Ok, balik ke topik bahasan! Kalo ngomongin soal U-19 orang-orang sudah pasti deh ngebahas Evan Dimas. Ok lah, dia memang paling menonjol diantara yang lain. Dia kapten, skill nya ok, sering nyetak gol spektakuler dan Pak Indra Sjafri juga terang-terangan bilang kemampuan Evan paling baik di antara yang lain. Tapi saya selalu memegang prinsip, sepak bola itu permainan tim! Sebagus apa pun skill individu seorang pemain bila tidak didukung oleh tim yang solid maka dia tentu tidak bisa mengembangkan kemampuannya! Evan bagus, tapi U-19 tidak akan jadi juara kalo hanya mengandalkan Evan seorang. Dan seharusnya kita juga buka mata bahwa ada peran-peran lain dalam tim U-19 yang ga’ kalah pentingnya sama Evan Dimas. Bukan berarti saya ga’ suka Evan lho ya.. Saya pun suka geleng-geleng kepala kalo liat arek Suroboyo satu ini kalo udah main! Dengan pembawaannya yang tenang, skill individualnya yang mumpuni, kemampuannya mengatur pola serangan serta tendangan-tendangannya yang akurat, semua pasti setuju jika saya katakan kita bangga punya Evan di timnas Indonesia!

Tapi sekali lagi, kita harus ingat tujuan dari pertandingan sepak bola bukan hanya mencetak gol sebanyak-banyaknya tapi juga menjaga gawang sendiri agar aman seaman-amannya! Sama aja bohong jika tim kita nyetak lima gol tapi kebobolan tujuh gol. Dan semua itu ga’ bisa Evan lakukan seorang diri. Di sinilah diperlukan kemampuan Muhammad Sahrul Kurniawan, Hansamu Yama Pranata, Putu Gede Juni Antara dan tentu saja Muhammad Fathurrahman. Nah, kalo orang lain lebih sering kagum ama bicarain trio gelandang U-19 yang katanya mirip trio gelandang Barcelona, entah mengapa saya malah lebih suka lihat kuartet bek U-19 ini.  Karena mereka bukan hanya pandai menjaga pertahanan U-19 tapi juga sering membantu membangun serangan. Terutama Muhammad Fathurrahman, jujur saya spechless banget liat orang satu ini kalo udah over lap dan maju ke depan membawa bola hingga ke jantung pertahanan lawan. Padahal dia bek lho! Udah gitu badannya kecil dan mungil... Ah, jadi inget Messi..

Putu JA juga hebat, saya sering kagum jika dia sudah maju ke depan terus balik lari lagi ke belakang buat jagain pertahanan timnas! Bisa dibilang respon si Putu ini cepet dalam membaca pergerakan striker lawan. Amazing Putu! Sebagai orang Bali saya salut padamu. Semoga suatu hari saya bisa ketemu kamu, hehe...

Ok, baiklah.. Hari ini cukup di sini pembukanya. Masih banyak review dan komentar pribadi saya soal tim kita tercinta ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar