Pages

Untuk Troya : Namamu ganti ya nak...





Beberapa waktu yang lalu aku baru saja membaca sebuah hadits tentang pentingnya memberi nama yang baik bagi anak-anak. Karena umat Islam yang baik, adalah umat Islam yang taat pada perintah Rasulnya maka aku berpikir untuk mengganti namamu. Sebenarnya sayang sekali untuk melepas nama Troya. Seperti yang kau tahu, nama itu sengaja kuberikan padamu karena beberapa hal. Pertama, karena aku pecinta sejarah terutama sejarah dan mitologi Yunani. Dan nama Troya adalah nama yang sangat terkenal, nama itu diambil dari sebuah nama kota dalam kitab Illiad karya sastrawan Yunani terkenal, Homer. Kota itu disebut-sebut berada di Turki. Homer menuliskan bahwa kota Troya merupakan kota yang diserbu oleh para tentara Sparta Yunani untuk merebut Helen, permaisuri raja Yunani saat itu yang diculik oleh pangeran Troya, Paris. Troya sendiri akhirnya lebih dikenal sebagai nama perang dibandingkan nama sebuah kota yang indah.
Penggalian yang dilakukan oleh para arkeolog menemukan bahwa ada setidaknya sembilan tumpukan kota Troya, dimana tiap lapisan kota dibangun di atas reruntuhan kota sebelumnya. Mereka juga menemukan fakta-fakta bahwa kota Troya tidak hanya hancur oleh perang tapi juga gempa. Nah, sampai di sini kau mengerti kan mengapa aku tidak jadi menamaimu Troya? Aku suka sekali mendengar nama Troya, entah mengapa nama itu terdengar sangat gagah. Aku pun sempat menonton film yang mengangkat perang Troya, dan film itu sangat, sangat, sangat hebat! Aku sarankan kau untuk menontonnya suatu saat nanti. Tapi di balik keindahan kata Troya ada sejarah kelam yang menghantuinya. Aku tak mau hidupmu hancur dan penuh masalah seperti kota Troya. Aku tak mau kau sering dapat musibah gara-gara aku menamaimu dengan Troya. Karena nama adalah doa, nama adalah harapan. Rasul pun menganjurkan kita memberi nama yang baik untuk nama anak kita, karenanya aku harus memilih nama yang baik untukmu.
Kemarin aku mencari-cari nama apa yang sesuai untukmu. Nama yang memiliki arti yang bagus dan Islami tentu saja. Akhirnya aku menemukan sebuah kata, yaitu Naufal yang artinya pemuda tampan yang dermawan. Sungguh aku ingin kau menjadi seseorang yang dermawan. Aku ingin kau selalu bersedekah dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang sekitarmu. Aku ingin hidupmu seperti sebuah pohon yang sepanjang hidupnya memberi kebaikan. Kata Naufal kusandingkan dengan Safaraz, yang artinya terhormat atau terberkati. Karena aku ingin kau hidup menjadi orang yang terhormat. Aku ingin sepanjang hidupmu kau selalu menjaga kehormatanmu. Menjaga diri dari segala sesuatu yang diharamkan oleh Allah dan Rasulnya. Karenanya aku berharap nama Naufal Safaraz bisa membawa berkah untuk kehidupanmu kelak. Amiin... Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar