Pages

Untuk Naufal dan Noura : Memangnya Kenapa Kalo Masuk SMK?





Kemarin keponakanku bertengkar dengan ibunya (kakakku). Keponakanku ini udah kuanggap kayak adik sendiri soalnya tiap hari aku yang bantu ngurusin. Ibunya mah sibuk kerja cari duit. Pulang-pulang langsung liat tipi terus nyelesein kerjaannya. Aku yang justru jadi temen curhat adekku, jemput dia sekolah terus suka keluar bareng ama dia. Tiap malem aku nemenin dia nonton tipi sambil cerita-cerita. Banyak hal yang ibunya ga’ tahu soal keponakanku. Terutama soal minat dan cita-cita adikku ini.

Seperti yang  kubilang kemarin mereka berdua berantem. Masalahnya sepele sih, tentang pilihan sekolah keponakanku. Sebentar lagi ia akan lulus SMP dan tentunya ia akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Nah, adikku ini ga’ suka banget sama pelajaran matematika, IPS dan segala hal yang berbau teori. Padahal di sekolah semua pelajarannya ya ga’ jauh-jauh sama teori. Di SMP ini kulihat dia kesiksa banget. Emang adikku ini bukan termasuk anak dengan IQ yang tinggi. Nilai matematikanya selalu jeblok. Tapi bukan berarti dia males. Sebaliknya dia rajin banget. Setiap malem dia selalu belajar dan berusaha nyelesain soal-soal matematika di bukunya. Dia juga ikut les bimbel di luar. Tapi ya itu, tetep aja nilai matematikanya ga’ jauh-jauh dari nilai enam dan tujuh. Aku sih ga’ pernah permasalahin ya, karena aku tahu tiap orang punya bakat dan minatnya masing-masing, termasuk adikku. Lagipula ga’ baik kalo kita terus-terusan menilai orang hanya dari hasil yang dia dapatkan tanpa mau menengok usaha yang udah dia lakukan. Adikku emang ga’ pinter-pinter banget tapi aku tahu dia pekerja keras. Dia selalu berusaha semaksimal mungkin, selalu berusaha nyelesein semua soal-soal itu sendiri tanpa nyontek. Dan jujur aja aku kagum sama usahanya dia itu.

Karena aku tahu dia emang ga’ cocok sekolah di bidang yang cuma mantengin buku berjam-jam terus ngapalin rumus-rumus doang, akhirnya aku nyuruh dia buat masuk SMK aja. Dia sih sempet nanya apa aja yang dipelajarin di SMK terus apa bedanya SMA dengan SMK. Karena aku juga lulusan SMK ya kujelasin semua yang kutahu. Baik dan buruknya. Baiknya di SMK itu kita fokus sama jurusan yang kita ambil, kita dilatih untuk siap kerja bukan hanya dari segi kemampuan tapi juga dari segi mental. Nah, makanya SMK itu dua kali lebih berat dari SMA karena tugas-tugasnya udah kayak orang kerja gitu. Kalo salah revisi terus ampe bener, udah gitu namanya bukan tugas lagi tapi semacem proyek yang ada rentang waktu buat ngerjainnya. Tiap semester ada tugas besar yang mesti dikerjain selama satu semester itu. Terus bukan cuma pelajaran-pelajaran di kejurusan aja tapi kita juga mesti belajar pelajaran-pelajaran umum kayak di SMA. Jadi anak SMK juga dapet matematika, fisika, kimia dll. Cuma kadang-kadang anak SMK ga’ begitu pentingin pelajaran-pelajaran kayak gitu karena fokusnya udah beda. Kita belajar pelajaran itu biar lulus UN aja, hehe. Agak aneh sih, sementara di Korea anak-anak SMK nya ga’ perlu ikut UN karena kalo udah masuk SMK kita hanya perlu fokus sama jurusan yang kita ambil. Nah, itu baru bener, kapan ya Indonesia kayak gitu?

Adikku sih akhirnya lebih milih masuk SMK. Soalnya dia kepengen abis lulus SMK langsung dapet kerja. Lagian dia juga males mesti belajar teori-teori lagi. Dan aku pun setuju-setuju aja, lagian hidup-hidupnya dia buat apa kita ikut campur terlalu dalam. Sebagai orang tua kita cuma punya kewajiban ngingetin dan ngasih tahu hal-hal yang mungkin belum dia tahu untuk anak seusianya. Selebihnya biar dia sendiri yang mutusin. Lagian dengan begitu dia bisa belajar untuk lebih bertanggung jawab ama pilihannya sendiri.

Tapi kakakku yang ga’ ngerti ama keinginan anaknya malah ngoto nyuruh dia masuk SMA. Pake alesan segala macemlah. Dulu aja waktu aku masuk SMK dia bilang SMK itu sekolah buat anak miskin. Ckckck... Dia ga’ sadar apa omongannya nyakitin ibu bapakku yang juga ibu bapaknya? Emang kenapa masuk SMK? Toh buktinya anak-anak SMK sehabis lulus bisa langsung kerja dan kerjaannya lebih bagus ketimbang anak yang cuma lulus SMA aja. Temenku yang jurusan mesin, lulus SMK langsung keterima jadi mekanik di salah satu cabang showroom mobil terbesar di Indonesia. Gajinya langsung sepadan ama lulusan sarjana S1! Dan dia bisa kerja sambil kuliah pula. Tentu aja dia bisa bayar sendiri uang kuliahnya. Oke lah, yang masuk SMK emang banyak dari golongan orang kurang mampu, tapi dengan masuk SMK kita belajar untuk cari uang sendiri dan belajar merubah keadaan kita dari orang kurang mampu jadi orang yang lebih mampu!

Lagian, kalo kita masuk SMK terus ngelanjutin kuliah dengan jurusan yang sama waktu SMK dulu, kita bisa lebih siap lho ketimbang temen-temen kita laennya. Temen sekelasku di kuliah ada yang lulusan SMK jurusan gambar bangunan. Bah, jangan tanya gimana pinternya. Aku bikin tugas-tugas  kuliah selama berminggu-minggu dia bisa nyelesein cuma dalam seminggu. Aku masih belajar auto cad dia udah nunjukin ama dosen hasil renderan 3d nya. Alhasil, tugas-tugas cadnya dia bikin cepeeettt banget. Tinggal merem aja tu kayaknya bikinnya. Hehe... Aku juga punya banyak murid les yang ngambil jurusan arsitek di kampusnya. Dia pernah bilang, “tau gini aku masuk SMK aja dulu kak...”. Tuh kan, ngapain malu masuk SMK? Buat apa sekolah kalo cuma biar dapet gengsi doang tapi ga dapet ilmu apa-apa? Kita sekolah untuk mempersiapkan kehidupan kita selepas lulus sekolah, entah kerja atau mau lanjut kuliah. Tapi kalo abis lulus kita masih bingung mau ngapain, terus selama ini kita sekolah buat apa dong? Anak-anak yang lulus SMK ketika mereka lulus mereka udah punya bekel untuk ke depannya, mau kerja? Bisa. Mau kuliah? Ga masalah.

Untuk Naufal dan Noura, nanti kalo kalian udah gede terus ngadepin hal yang sama kayak yang dialamin ama adikku, bijak-bijaklah dalam mengambil keputusan. Pilih yang sesuai dengan minat dan bakat kalian. Apa pun keputusan kalian selama itu baik akan aku dukung. Kalian harus konsisten dengan keputusan kalian, jangan terpengaruh ama ucapan orang lain. Hidup-hidup kalian, kalian yang tentukan. Semisal ternyata banyak kesalahan yang kalian lakukan setelah memutuskan sesuatu itu namanya proses pembelajaran. Karena kadang untuk menjadi benar kita harus mengalami kesalahan. Tapi jika sudah tahu mana yang benar, jangan mengambil langkah yang salah. Jujur saja, aku sih berharap kalian masuk SMK supaya kalian belajar sejak dini bagaimana rasanya bekerja keras. Di SMK aku belajar bertanggung jawab, belajar mandiri dan belajar menghargai proses. Dan banyak hal yang kudapat dari masuk SMK. Meskipun jurusan di kuliahku sendiri berbeda dengan jurusan yang kuambil saat SMK, mentalku lebih dan kemampuanku lebih terlatih dibanding teman-temanku yang lulusan SMA. Apa pun keputusan kalian, pilihlah yang membuat kalian bahagia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar